Selasa, 26 Mei 2009

Effect Guitar & Schematics


Guitar Effect & Schematic

Musik adalah bahasa universal. setiap umat manusia dikolong bumi ini pasti mengenal, menyukai dan menikmati apa yang namanya musik. Bahkan tak jarang yang piawai memainkan berbagai peralatan musik.

banyak musik modern dengan berbagai alirannya ada sekarang ini. diantaranya : Jazz, Blues, Pop, Rock, Pop Rock, Metal, Progressive, Country, Punk, Grunge dll.
kalo gue pribadi seh lebih condong ke blues, karena menurut gue blues itu gak jauh beda ama muik jazz. Karena didalam memainkan musik aliran blues dituntut kemampuan skill dan olah vokal yang prima. unsur harmonisasi dalam tim wajib agar tercipta keselerasan hingga akhirnya musik tersebut dapat dinikmati. karena didalam menyanyikan suatubait dalam sairnya kadang gak jarang kita musti menggeram / scream. dan jangan lupa ritmik dan leading guitarnya itu loh yang bikin gue ter-gila2.

tapi gak berarti gue gak suka aliran musik yang lainnya. Semua aliran musik adalah bagus yang penting bagai mana cara kita menikmatinya. Prinsip itu sebaiknya yakini kita agar tehindar dari apa yang namanya peng-kotak2an aliran musik. setuju ..?

mengapa ya para guitarist dunia ternama lebih kebanyakan menggunakan manual effect dibandingkan digital effect? (seperti Joe Satriani, Edi Van Hallen, Ingwy Malmsteen, Steve Vai, Petrucci, Paul Gilbert, metallica, Korn, Mr. Big dll)
kalo menurut gue sih mungkin karena keluaran suara manual effect guitar tersebut lebih real dan natural dibandingkan dengan digital effect yang keluaran suaranya kerasa digital banget. kalee...

Tips memilih guitar untuk jadi senjata kita dipanggung (ini didapat dari pengalaman gue memainkan guitar berbagai merk) :
  • Fender : umumnya dirancang dengan neck yang umumnya sedikit kecil. nyaman digunakan untuk teknik Sweaping.
  • Ibanez : dirancang memiliki neck yang rata sehingga nyaman dipakai untuk tapping. pada umumnya menggunakan 4 pick up sehingga menghasilkan suara yang lebih crying dan dapat menjangkau nada2 tinggi.
  • Gibson : berada diantara Fender dan Ibanez. Tapi sepengalaman gue jika menggunakan Gibson sebaiknya didukung dengan sound system dan mixer yang optimal. karena kalo tidak gak jarang Gibson gagal menjangkau nada2 tinggi.
  • Marshal : hampir mirip dengan Fender
  • dll deh ..

TO THE POINT YA...

Bilamana kita memiliki peralatan musik/ studio musik sendiri tentu kita akan menjumpai apa yang namanya pedal effect. kita enjoy aja menggunakannya sambil mengekspresikan diri masing2. tapi gimana kalao gak punya apalagi saat kita briefing dengan teman2 dirumah atawe sekedar untuk mengasah skill bermain guitar kita, syukur2 dapat inspirasi nyiptain lagu. pake accoustic kan doang kan gak asik. mau beli silakan aja bagi yang mampu. bagi yang enggak kan repot apalagi harga effect dipasaran saat ini lumayan terbilang tinggi.

Karena gue tadi menyinggung guitar maka di blog ini akan gue coba share berbagai perlengkapan atau pendukung alat musik guitar baik itu Effect pedal, ampli tube dan penjelasannya.
Disini di posting gambar diagram schematic effect dari berbagai branch. kali aja bagi siapa yang punya sedikit keberanian dan kreatifitas juga pengetahuan elektronika bisa mengikuti adlur diagramnya dan BIKIN EFFECT SENDIRI coy

sukses atau tidaknya ditanggung sendiri yoo. hik..hik..

buat download gambar schematic disini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar